Pakar: Restu Amien Berpengaruh dalam Pemilihan Ketum PAN

Selasa, 24 Desember 2019 | 08:09:36 WIB
Pakar: Restu Amien Berpengaruh dalam Pemilihan Ketum PANi Foto:

GENTAONLINE.COM - Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar Kongres pada 2020 untuk memilih ketua umum periode berikutnya.

Restu Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais disebut akan menjadi sesuatu yang diperebutkan oleh para calon ketua umum. Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno mengatakan, restu Amien akan berperan besar dalam kontestasi.

Pasalnya, bayang-bayangnya sebagai pendiri dan orang yang berpengaruh di partai masih sangat besar. "PAN ini partainya Pak Amien Rais sebenarnya. Jadi, siapa pun yang berkompetisi, saya melihat, sosok Pak Amien Rais masih kuat," ujar Adi saat dihubungi, Senin (23/12).

Bahkan, Adi menilai Amien Rais lebih besar ketimbang peran dari Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan. Hal itu terlihat dari beberapa keputusan partai yang mengakomodasi pendapat mantan Ketua MPR itu.

"Bisa cek lima atau 10 tahun belakangan ini, sekalipun Pak Amien Rais tidak menjadi Ketua Umum PAN, tetapi sikap politiknya lebih dominan," ujar Adi.

Pengaruh besar inilah yang dapat membuka peluang bagi sang putra, Hanafi Rais untuk terpilih sebagai Ketua Umum PAN periode berikutnya. Meski hingga saat ini, ia belum secara resmi menyatakan maju ke dalam kontestasi nanti.

"Dia (Hanafi) sosok yang tidak perlu komitmen hitam di atas putih, dia adalah anak ideologis dan biologisnya Pak Amien Rais," ujar Adi. Jika Hanafi menyatakan maju sebagai caketum PAN, Adi menilai sudah dipastikan restu Amien Rais akan diberikan kepada putranya. Itu juga membuat peluang terpilihnya kembali Zulkifli Hasan akan semakin sulit.

"Perhatian kader akan banyak mengarah pada sosok Hanafi Rais. Dan, peran Pak Amien Rais akan menjadi penentu hasil hajat demokrasi internal PAN nanti," ujar Adi.

Diketahui, situasi internal PAN mulai memanas jelang pemilihan ketua umum partai berlambang matahari itu. Restu Amien Rais disebut sebagai salah satu cara untuk mendapatkan kursi nomor satu di partai tersebut.

Saat ini sudah ada enam nama yang diisukan maju dalam kontestasi. Keenamnya, yaitu mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (MenPAN-RB) Asman Abnur dan Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap.

Serta, Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua Fraksi PAN di DPR Hanafi Rais, dan Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Drajat Wibowo. Serta, pejawat Ketua Umum PAN saat ini, Zulkifli Hasan.(rep)

Tulis Komentar