Masyarakat Riau Kecewa, Datang ke Riau Namun Presiden Jokowi Tak Sempatkan Tinjau Lokasi Banjir

Sabtu, 15 Desember 2018 | 17:13:10 WIB
Masyarakat Riau Kecewa, Datang ke Riau Namun Presiden Jokowi Tak Sempatkan Tinjau Lokasi Banjiri Foto:

GENTAONLINE.COM-Meski Riau saat ini tengah dikepung bencana banjir, namun Presiden Jokowi belum ada mengagendakan untuk mengunjungi wilayah ataupun warga korban banjir. Hal ini tentu disayangkan oleh warga Riau khususnya korban bencana yang terjadi sejak beberapa pekan lalu.

Seperti Joko yang berdomisili di wilayah Kabupaten Kuansing, Riau. Ia menyayangkan tidak adanya agenda kegiatan tersebut. Sebab, menurutnya bencana banjir ini mendapatkan perhatian khusus dari pemimpin.

"Kita sayangkan, ia ke Riau hanya berleha-leha dengan gelar adat itu, sementara korban banjir menderita butuh bantuan. Kita berharap kedatangannya bukan sekedar untuk terima gelar. Namun, juga meninjau masalah sosial. Karena banjir yang terjadi saat ini adalah banjir yang sudah ke-9 kalinya. Ini mestinya, menjadi perhatian pemimpin," katanya dikutip dari situs datariau.com, Sabtu (15/12).

Bukan hanya Joko, tidak adanya kegiatan kunjungan ke wilayah banjir tersebut juga di sesalkan Mirwansyah selaku aktivis Universitas Islam Riau (UIR).

"Kedatangan Jokowi ke Riau seharusnya memberikan atensi dan solusi soal banjir di Riau, bukan hanya agenda politik belaka. Jokowi itu kan presiden datang dan lihat dunk warga korban banjir jangan hanya pencitraan aja," katanya.

"Saat ini, Riau sedang berduka pak Jokowi, Pekanbaru sedang sakit, anda datang seharusnya memberikan obat bagi rakyat bukan malah menyusahkan rakyat," tambahnya lagi.

Untuk diketahui, bencana banjir yang terjadi sejak beberapa pekan lalu ini telah merendam hampir setengah wilayah Riau. Diantaranya di wilayah Pekanbaru, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Pelalawan, Kuansing, dan Bengkalis.

Selain mengakibatkan ribuan pemukiman penduduk terendam air dengan ketinggian yang berbeda-beda, bencana ini juga telah mengakibatkan enam nyawa melayang di Bumi Lancang Kuning ini.

Sementara, informasi beberapa kegiatan yang diagendakan dalan kunjungan Jokowi tersebut yakni menerima Penabalan Gelar Adat dari LAM Riau, penyerahan sertifikat TORA di Kediaman Gubernur Riau, menghadiri gelar budaya dan syukuran serta sillaturahmi ke Ponpes Al Kautsar yang berlokasi di jalan Hang Tuah, Pekanbaru. (*)

Tulis Komentar