Dewan Kuansing Minta Pemkab Segera Salurkan Benih Padi

Kamis, 15 November 2018 | 11:05:03 WIB
Dewan Kuansing Minta Pemkab Segera Salurkan Benih Padii Foto:

GENTAONLINE.COM-Banjir yang melanda Kuantan Singingi (Kuansing), Riau awal November 2018 telah menghancurkan tanaman padi masyarakat. Kendati banjir merendam rumah warga selama lima hari, ternyata tidak dengan areal persawahan.

"Ada sebagian sawah masyarakat baru kering setelah seminggu pasca banjir. Akibatnya, tanaman padi yang baru saja ditanam mati," ujar Sastra Febriawan, Anggota DPRD Kuansing, Rabu (14/11) di Telukkuantan.

Dikatakan Sastra, khusus di Kecamatan Pangean, masyarakat baru saja menanam padi. Kini, padi tersebut sudah busuk dan hanya sebagian kecil yang tersisa.

"Tanaman habis, sementara benih tidak ada lagi. Untuk itu, pemerintah harus cepat menyalurkan bantuan benih kepada masyarakat. Jika tidak, maka akan berdampak buruk terhadap perekonomian masyarakat. Kita tahu, bahwa padi yang ditanam untuk kebutuhan satu tahun. Bukan untuk dijual," papar Sastra.

Senada dengan itu, Sarjan M yang juga Anggota DPRD Kuansing, meminta pemerintah cepat tanggap dalam mengatasi benih padi.

"Di Kuantan Hilir Seberang hampir seluruhnya terendam. Kita tidak ingin terjadi gagal panen tahun ini. Mudah-mudahan, pemerintah segera menyalurkan bantuan benih," ujar Sarjan. (grc)

Tulis Komentar