SSCN PNS Dibuka Mulai Hari Ini

Rabu, 19 September 2018 | 23:06:50 WIB
SSCN PNS Dibuka Mulai Hari Inii Foto:

GENTAONLINE.COM-Mulai hari ini, Rabu 19 September 2018, portal Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) (SSCN) yang memfasilitasi pendaftaran seleksi CPNS Tahun Anggaran 2018 bisa diakses publik. Adapun lowongan CPNS yang dibuka pemerintah tahun ini sebanyak 238.015 formasi.

Dalam awal pembukaan portal SSCN ini, calon pelamar CPNS bisa mulai mendalami informasi mengenai syarat dan formasi jabatan yang sudah tertera di laman SSCN. Sementara jadwal waktu pendaftaran akan segera diumumkan setelah BKN menerima data formasi lengkap dari Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang membuka rekrutmen CPNS.

Sebagai informasi pada rekrutmen CPNS 2018 ini, selain membuka lowongan untuk formasi umum, Pemerintah juga membuka jalur formasi khusus bagi pelamar. Dikutip dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018, terdapat sebanyak 6 (enam) jalur khusus.

Keenam jalur formasi khusus tersebut, terdiri dari:
1) Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian (Cumlaude)
2) Penyandang Disabilitas
3) Putra/Putri Papua dan Papua Barat
4) Diaspora
5) Olahragawan Berprestasi Internasional
6) Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori-II yang memenuhi persyaratan

Selain memiliki ketentuan memenuhi sembilan syarat dasar untuk melamar CPNS. Sementara, masyarakat yang berminat melamar menjadi abdi negara formasi khusus harus memenuhi sejumlah persyaratan terlebih dahulu. (*)

Tulis Komentar