Sholawat Badar Warnai Acara Wisuda UIN Suska Riau 2018

Sabtu, 15 September 2018 | 02:06:10 WIB
Sholawat Badar Warnai Acara Wisuda UIN Suska Riau 2018i Foto:

GENTAONLINE.COM-Sholawat badar di senandungkan bersama-sama pada rangkaian acara sidang senat terbuka yang berlangsung pada hari  kamis tanggal 13 Sptember  2018. Wisuda periode tahun akademik  2018/2019 Universitas Sultan Syarif Kasim Riau untuk katagori Program Doktor  (S3) ke-20, Program megister (S2)  ke-49 dan Program Sarjana, dan Diploma Tiga (D III) ke- 68.

Wisuda ini merupakan acara wisuda perdana  dibawah kepemimpinan  Prof. Dr. KH Ahmad Mujahidin S.Ag., M.Ag.  Sebagai Rektor UIN SUSKA RIAU dengan masa jabatan 2018-2022. Sholawat memang menjadi salah satu ciri dalam beberapa acara penting di UIN SUSKA RIAU. Sebagai contohnya acara wisuda ini.

Bila merujuk dalam Al Qur’an,  tepatnya pada surah Al Ahzaab ayat 56,  Allah SWT memerintah orang yang beriman  untuk bersalawat kepada Nabi Muhammad saw. Kutipan dari Al-Quran: Al-Ahzaab (33:56)

????? ??????? ??????????????? ?????????? ????? ?????????? ? ??? ???????? ????????? ??????? ??????? ???????? ??????????? ??????????

Sholawat Badar adalah rangkaian sholawat berisikan tawassul dengan nama Allah, dengan Junjungan Nabi saw serta para mujahidin teristimewanya para pejuang Badar.  Sholawat ini sangat populer dikalangan muslim dari berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Karena saking populernya, hampir setiap hari kita selalu mendengar lantunan shalawat badar ini.

Dalam rangkaian acara wisuda di UIN SUSKA RIAU tahun akademik 2018-2019, bertempat di PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) sholawat badar dilantunkan oleh semua yang hadir dengan dipandu oleh paduan suara  latah tuah. Lantunan sholawat badar pada pagi itu terasa menyejukkan suasana dan menambah khitmat acara wisuda tersebut. 

Paduan suara latah tuah memandu senandung sholawat pagi itu. Sanggar ini Berdiri pada tanggal 13 Oktober 1996,  Namun baru diresmikan di tanggal 23 Oktober 1996 dengan disepakati diberi nama “Latah Tuah”. Sejak awal berdirinya Sanggar Latah Tuah berkiprah dalam berbagai seni.   Sanggar ini menjadi tempat berkumpul mahasiswa UIN SUSKA RIAU yang memiliki bakat seni, dan mau mengasah bakat pemberian Allah tersebut.

Kembali kepada ajaran sholawat, dari Anas bin malik radhiallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan”. [SHAHIH. Hadits Riwayat An-Nasa’i (no. 1297), Ahmad (3/102 dan 261), Ibnu Hibban (no. 904) dan al-Hakim (no. 2018), dishahihkan oleh Ibnu Hibban rahimahullah, al-Hakim rahimahullah dan disepakati oleh adz-Dzahabi, rahimahullah juga oleh Ibnu hajar rahimahullah dalam “Fathul Baari” (11/167) dan al-Albani rahimahullah dalam “Shahihul adabil mufrad” (no. 643)]

Tidak hanya sholawat badar yang dinyanyikan  dalam acara itu. Lagu Indonesia Raya dinyanyikan pertama kali. Lalu Hymne, Mars UIN SUSKA RIAU, serta padamu negeri. Tentunya lantunan ayat suci Al Qur’an. Akhirnya Sidang Senat Terbuka hari itu diakhiri dengan pembacaan do’a. (Release)

Tulis Komentar