Gelar Upacara HUT RI ke-73, Kapolres Kampar Bacakan Amanat Kapolri

Jumat, 17 Agustus 2018 | 14:55:07 WIB
Gelar Upacara HUT RI ke-73, Kapolres Kampar Bacakan Amanat Kapolrii Foto:

GENTAONLINE.COM-Pada hari Jumat (17/8) sekira pukul 07.00 Wib di halaman Mapolres Kampar di laksanakan Upacara Bendara dalam rangka Hut RI ke 73 tahun 2018.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Kampar, AKBP Andri Ananta Yudhistira Sik MH serta hadir oleh pejabat Utama Polres Kampar, para Perwira dan serta perserta upacara di ikuti oleh semua Personil Polres Kampar.

Mengawali upacara ini diawali pengibaran bendera merah yang dipimpin langsung oleh Komandan Upacara dan diiringi lagu Indonesia Raya.

Dalam kesempatan ini polres kampar memberi penghargaan kepada personil Polres Kampar yang berprestasi dalam melaksanakan tugas kepolisian yaitu Kapolsek Tapung Hilir dan Personilnya Akp Amru Hutauruk SH, Ipda Novris Simanjuntak SH, Bripka Eman Sulaiman, Brigadir Royanto Sinurat SH, Brigadir M Suwanto, yang berhasil mengungkap kasus kepemilikan Sejata Api Illegal di Desa Kijang Jaya Kecamatan Tapung Hilir pada tanggal 12 April 2018 dan di jalan Mandau KM 26 RT/12 RW 05 Desa Sekijang Tapung Hilir Kampar Pada tanggal 27 April 2018.



Yang berikutnya penerima penghargaan diberikan kepada Sat Narkoba Polres Kampar yaitu Kasat Narkoba dan personilnya Iptu Asdisyah Mursyid SH, Ipda Aulia Rahman SH, Aiptu Sutarno, Aipda Azmi, Aipda Benny Reja SH, Aipda Syamsul Anwar, Bripka Jhoni Irawan, Bripka Amrizal berhasil mengungkap Kasus Narkotika jenis shabu sebanyak 16 paket/10,38 gram pada tanggal 31 Juli 2018 di lapas Kelas IIB Bangkinang dan pada saat Pengembangan Kasus tersebut berhasil diungkap kasus pembunuhan tahun 2007 yang terjadi di Desa Pandau Jaya kecamatan Siak Hulu, Kampar.

Dalam kesempatan ini Kapolres Kampar membacakan amanat Kapolri yaitu Upacara Peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan Khidmat dan Penuh Rasa Kebersamaan.

Selain untuk mengenang pengorbanan para Pahlawan Bangsa dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia, upacara ini juga merupakan momentum penting bagi semua untuk senantiasa menggelorakan semangat kejuangan dalam mengisi kemerdekaan melalui kerja nyata pada bidang pengabdian selaku insan Bhayangkara.



"Sebagai Generasi Penurus, kita semua memiliki Moral Responsibility yang harus diimplementasikan melalui Prestasi Prestasi dalam mengisi kemerdekaan, hal ini selaras dengan Tema Peringatan pada tahun ini yakni Kerja Kita, Prestasi Bangsa. Tema ini membuat dua makna besar, yakni energi dan kerja yang disimbolkan dalam bentuk garis dinamis yang berarti suatu kemajuan dalam bekerja sekaligus melambangkan semangat dan optimisme seluruh anak bangsa."

"Secara filosofis Kemerdekaan merupakan jemvatan untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan suatu bangsa sebagai anugerah tuhan yang maha esa, Kemerdekaan indonesia berhasil diraih melalu semangat persatian dan kesatuan serta perjuangan tiada henti dari para pahlawan.oleh karena itu sudah sepatutnya kita memberikan dedikasi dan pengabdian melalui langkah-langkah nyata untukbmembangun bangsa indonesia yang berdaulat, adil, dan makmur."

"Indonesia adalah negara yang besar, dengan tingkat populasi penduduk yang tinggi, sumber daya alam yang melimpah, serta hingga merauke. Ketiganya merupakan modal kuat bagi bangsa kita untuk menjadi negara yang dominan. Guna menwujudkan indonesia sebagai negara yang dominan tugas dan tanggung jawab polri selaku pemerihara keamana dalam negeribmemberikan kodemokrasi Yang sangat besar dalam mengawal berbagai program pembangunan nasional."

"Realitas ini mendorong polri untuk senantiasa meningkatan profesionalismenya  dalam menghadapibdinamika tantangan tugas yang semakin tinggi terlebih lagi dengan perkembangan globalisasi pada era demokrasi saat ini, polri semakin dituntut untuk terus meningkatkan eksistensinya untuk meraih kepercayaan masyarakat sebagai pemengan kekuasaan tertingi negara."

"Komitmen kuat telah ditunjukan oleh institusi polri melalui berbagai upaya perbaikan yang di laksanakan dalam wujud program prometer. Upaya ini menitikberatkan pada 3(tiga) kebijakan utama,yaitu peningkatan kinerja ,perbaikan kultur, dan manajemen media.ketiganya harus dilaksanakan secara sinergis dan dan berkelanjutan ,agar kepercayaan publik sebagai target utama  dapat di raih dan terus di tingkatkan."

"Capaian dari penerapan  program ini telah menunjukan dampak positif.beberapa hasil survai kembaga penelitian yang kredibel menunjukan tingkan public trust terhadap institusi polri kian meningkat .pada awal tahun 2016, polri  merupakan salah satu dari 3 lembaga negara dengan  tingkat kepercayaan  masyarakat yang paling rendah,kini polri telah menjadi kepercayaan publik yang tertinggi."

Salah satu  indikator keberhasilan tersebut, dapat dilihat dari survei litbang kompas pada bulan juni 2018 yang menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan  publik  terhadap polri telah mencapai 82,9 % angka ini  merupakan capaian tertinggi polri selama era reformasi indikator lainnya dapat dilihat dari dilihat melalui survey  papan atas yang berbasis di Amerika Serikat, melalui 2018 Global Law and Order Survey mengungkap bahwa Indonesia  berada pada peringkat 9 negara teraman di dunia. Survey ini juga mengungkapkan bahwa 69% dari responden pada 142 negara percaya terhadap kinerja kepolisian lokal dalam menjaga keamanan dalam negeri."

Berbagai capaian tersebut menunjukan bahwa polri telah berada pada jalur yang tepat dalam meningkatkan kinerjanya, dimana kondisi ini harus dipertahankan dan terus  ditingkatkan oleh segenap personil polri dimanapun berada.

"Sebelum mengakhiri amanat ini, saya menekankan beberapa hal kepada seluruh personel polri, yaitu:

1. Implementasikan nilai-nilai luhur kejungan yang telah diwarisi para pahlawan, dengan senantiasa memberikan pengabdian terbaik sebagai insan bhayangkara sejati.

2. Jaga solidaritas internal, tingkatkan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas dan bangun semangat berprestasi untuk mewujudkan polri yang sdmakin dicintai rakyat.

3. Tingkatkan terus soliditascdan kerja sama sinergis TNI, pemerintah daerah, dan seluruh stakholders lainnya dalam mngawal dan mengamankan berbagai agenda kamtibmas kedepan.

4. Bangun terus komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat dalam memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif.

5. Dukung secara aktif agenda pemerintah dalan mewujidkan pembangunan nasional melalui tindakan kepolisian yang sejalan dan produktif.

Kegiatan upacara ini berakhir pukul 08.00 wib dan seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.

Tulis Komentar