Guncangan Gempa Terasa Hingga Jatim, BNPB Sebut 14 Kali Gempa Susulan di Lombok

Ahad, 05 Agustus 2018 | 21:13:32 WIB
Guncangan Gempa Terasa Hingga Jatim, BNPB Sebut 14 Kali Gempa Susulan di Lomboki Foto: Penduduk desa berjalan di dekat rumah-rumah yang hancur pasca-gempa bumi di Desa Sajang, Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, beberapa waktu lalu.

GENTAONLINE.COM-Gempa berkekuatan 7 SR di Lombok Utara, NTB diikuti dengan gempa susulan. Setidaknya ada 14 kali gempa susulan.

"Hingga saat ini telah ada 14 kali gempa susulan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan, Minggu (5/8). 

Gempa pertama terjadi pada pukul 18.46 WIB dengan kekuatan 7 SR pada kedalaman 15 km. Pusat gempa 18 km Barat Laut Lombok Timur NTB. Gempa berpotensi tsunami.

"Gempa dirasakan di Pulau Lombok, Pulau Sumbawa, Pulau Bali hingga Jawa Timur bagian Timur. Guncangan sangat keras dirasakan di Kota Mataram. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Masyarakat berlalu lalang di jalan dengn kondisi gelap karena listrik padam," papar Sutopo dilansir dari situs detik.com.

Berdasarkan laporan BMKG telah ada tsunami dengan ketinggian tsunami yang masuk kedaratan 10 cm dan 13 cm. Diperkirakan maksimum ketinggian tsunami 0,5 meter.

Tulis Komentar