Mahasiswa KKN UR Gelar Sosialisasi Sadar Wisata di Desa Teluk Pambang

Sabtu, 04 Agustus 2018 | 03:31:23 WIB
Mahasiswa KKN UR Gelar Sosialisasi Sadar Wisata di Desa Teluk Pambangi Foto:

GENTAONLINE.COM-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Riau, di Desa Teluk Pambang menyelenggarakan acara sosialisasi pengembangan sadar wisata, dalam upaya meningkatkan kontribusi masyarakat untuk memanfaatkan potensi wisata desa.

"Terselenggaranya acara ini, kami inisiasi dengan melihat berbagai potensi wisata yang ada di desa Teluk Pambang ini, akan tetapi belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat, dan pentingnya keterlibatan dari berbagai elemen untuk memanfaatkannya. Jadi dengan adanya acara ini kami harapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kontribusi apa yang bisa diberikan atas potensi yang ada itu," ujar Heru, Koordinator Desa Kukerta UR di Desa Teluk Pambang, Jumat (3/8).

Acara ini dihadari langsung oleh Kepala Desa Teluk Pambang, M Ali B dan Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bengkalis yaitu Sekretaris Dinas, Nurminsyah sekaligus menjadi pemateri dalam acara.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bengkalis mengatakan perlunya pemanfaatan potensi yang telah ada di daerah, untuk kemudian dikembangkan sesuai dengan kreativitas masyarakat setempat dan pentingnya memahami 7 unsur dalam Sapta Pesona. Yaitu unsur Kemanan, Ketertiban, Kebersihan, Kesejukan, Keindahan, Keramahan, dan Kenangan. Hal ini sangatlah penting untuk diterapkan dalam kehidupan masyarakat agar dapat mendorong perkembangan wisata di daerah.

"Jika ke-7 unsur ini dapat dipenuhi masyarakat di daerah potensi wisata, maka wisatawan akan senang dan bahkan akan kembali lagi ke lokasi itu. Dan bagi desa penting untuk di bentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sebagai penanggung jawab pengembangan potensi-potensi yang ada di Desa," ujar Nurminsyah.

Dalam acara ini juga disampaikan oleh pemateri bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis, siap menjadi mitra strategis bagi pemerintah desa dalam upaya meningkatkan kontribusi masyarakat untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di desa. (rls)

Tulis Komentar