Sempena HUT-RI ke 73, Pemko Berencana Launching Program Layanan Call Center Pekanbaru 112

Jumat, 03 Agustus 2018 | 03:05:52 WIB
Sempena HUT-RI ke 73, Pemko Berencana Launching Program Layanan Call Center Pekanbaru 112i Foto:

GENTAONLINE.COM-Dinas Komunikasi Informasi (Diskominfo) Persandian dan Statistik Pekanbaru siap memfasilitasi rencana Pemerintah Kota (Pemko) yang akan meluncurkan program layanan call center Pekanbaru Siaga 112.

Ditargetkan menjadi kota ke-19 yang menerapkan program layanan call center 112 di Indonesia, Diskominfo terus berbenah, yang salah satunya dengan mempersiapkan SDM handal untuk dijadikan operator dan agen dalam program layanan tersebut.

Kepala Diskominfo Persandian dan Statistik Pekanbaru Firmansyah Eka Putra, Rabu (1/8), mengatakan pihaknya sejauh ini telah mempersiapkan perangkat dasar berupa sejumlah komputer dan aplikasi yang terintegrasi langsung dengan operator komunikasi.

Diskominfo juga akan menggandeng pihak rekanan dari Jakarta yang dalam hal ini tim solusi 168 untuk dapat membantu melatih operator call center Pekanbaru 112 dalam bekerja merespon tanggap darurat cepat. "Di Pekanbaru ada 7 operator komunikasi yang akan kita minta membuka akses sistem aplikasi call center. Kemudian nanti perangkat komunikasinya juga akan kita persiapkan," ujarnya.

Eka juga mengatakan layanan call center yang sebelumnya sudah ada pada beberapa instansi yang menggunakan nomor tertentu, tidak akan dihapus atau dinonaktifkan jika masih ada masyarakat yang menghubungi nomor tersebut. Misalnya call center pada instansi kepolisian (110), Basarnas (115), Damkar (113), Kesehatan (119), dan Ambulan (118).
"Jadi, layanan call center Pekanbaru 112 ini kita jadikan satu nomor tunggal yang mudah diingat masyarakat, dan layanan ini menerima semua pengaduan yang akan terintegrasi dengan beberapa leading sektor," jelasnya.

Adapun, penerapan layanan Pekanbaru Call Center 112 ini diketahui akan dilaunching pada 17 Agustus 2018 mendatang. Sementara, untuk pengoperasiannya pemerintah menargetkan akan memulainya pada awal bulan September.

Tulis Komentar