Kunjungi Gerai i-Kopi, Nikmati Kopi Liberika dari Petani Riau

Ahad, 10 Juni 2018 | 22:48:53 WIB
Kunjungi Gerai i-Kopi, Nikmati Kopi Liberika dari Petani Riaui Foto:

GENTAONLINE.COM-i-Kopi sebagai salah satu warung tongkrongan penyedia berbagai jenis minuman berbahan dasar kopi kini menghadirkan menu baru dengan nama 'Liberica Coffee'. Kopi yang banyak tumbuh di negara Liberia dan Afrika Barat ini memiliki keunikan tersendiri dalam cita rasanya, tergantung bagaimana proses pengolahannya dari biji kopi hijau hingga siap seduh.

"Kopi Liberika ini kita pasok dari Kepulauan Meranti, provinsi Riau dan kita olah sendiri mulai dari roasting, grinding, brewing hingga siap minum" terang Owner i-Kopi Syu'ib Idris, S.Ip kepada Genta Minggu (10/6) di Pekanbaru.

Ditambahkan Syu'ib panggilan akrabnya, rasa kopi hasil olahan sendiri ini berbeda sekali dengan kopi Liberika yang ada di tempat lain.
"Saya juga termasuk penikmat kopi sejak lama. Bukan mengarang cerita, rasa yang didapat hasil olahan sendiri nikmat dan tingkat keasamannya stabil" ujar Syu'ib.

Setelah redaksi berkesempatan untuk menikmati kopi Liberika di i-Kopi ini, rasa yang dihasilkan tidak terlalu pahit dan asam serta sedikit manis (setelah ditambah gula). Asamnya pas dan tidak mengganggu lidah. Rasa yang tertinggal dimulut dengan sensasi tak terlupakan disisi lidah.

"Kopi liberika ini termasuk sulit dalam pengolahannya. Salah-salah roasting (sangrai-red) rasa yang dihasilkan kurang enak, pekat asamnya. Itu makanya, petani di Meranti lebih suka ekspor biji hijau (belum jadi-red) ke Malaisya dan Singapore ketimbang mengolahnya sampai jadi bubuk kopi" terang Alumnus Universitas Riau ini.

Di Warung kopi yang berdiri sejak tahun lalu ini satu gelas Liberica Coffee dibandrol Rp.15.000. "Untuk biji kopi liberika yang sudah di roasting di i-Kopi juga ada, harganya Rp.350.000/Kg" kata Syu'ib.

Disamping itu, i-Kopi juga menyediakan berbagai jenis kopi jadi ataupun dalam bentuk biji. Diantaranya Arabica Gayo, Bali Kintamani dan lainnya. Untuk pemesanan bisa langsung berkunjung ke i-Kopi di Jl. Merpati Sakti, Panam, Pekanbaru atau hubungi 0822 8536 1111. (Genta) 

Tulis Komentar