Dari Pertamina, Mahasiswa Geruduk Kantor Gubernur Riau

Kamis, 29 Maret 2018 | 06:12:44 WIB
Dari Pertamina, Mahasiswa Geruduk Kantor Gubernur Riaui Foto:

GENTAONLINE.COM-Ribuan mahasiswa gabungan dari berbagai kampus di Pekanbaru duduki Kantor Gubernur Riau, Rabu (28/3). Unjuk rasa mahasiswa yang didominasi dari Universitas Riau (UR) ini menuntut menolak dinaikannya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite yang kini sudah mencapai Rp8.150 per liternya.

Kemudian mahasiswa juga menuntut agar kuota pasokan BBM jenis premium dan solar agar ditambah. Sehingga, masyarakat tidak terlalu tercekik, ditengah kesulitan ekonomi.

"Kami mahasiswa mendesak agar tambahan kuota premium di Riau dan mendesak penurunan harga pertalite yang di rasa mencekik masyarakat kecil," kata Presiden Mahasiswa (Presma) BEM Universitas Riau (UR) Rinaldi Parapare yang juga perwakilan mahaiswa lainnya, saat berorasi di Kantor Gubernur.

Menurutnya, dua tuntutan agar diturunkannya harga BBM jenis pertalite termasuk menambah pasokan BBM bersubsidi agar diperhatikan. Masyarakat yang saat ini sudah susah ditengah sulitnya perekonomian, agar tak lagi dicekik dengan harga BBM yang mahal.

"Kami ingatkan bahwa mahasiswa jangan pernah diam melihat kezaliman. harga BBM yang seenaknya dinaikan tanpa memandang lagi masyarakat kecil, adalah bentuk penindasan. Mari kit lawan kezaliman," teriak Rinaldi.

Ada alasan mahasiswa mengepung dan menduduki Kantor Gubernur Riau setelah sebelumnya terlebih dahulu menyegel Kantor Pertamina, karena Pemprov Riau dianggap memiliki kekuasaan lebih tinggi lagi.

Pemprov Riau dianggap bisa bersuara lantang, dibandingkan Pertamina. Karena itu, melalui unjuk rasa ini, mahasiswa pun mendesak agar apa yang menjadi tuntutan mahasiswa tersebut segera dipenuhi.

"Kami ingin Pemprov Riau menyuarakan tuntutan kami. Pemprov Riau jangan diam, buktikan dengan tindakan," teriak Rinaldi lagi.

Ribuan mahasiswa ini sendiri akhirnya ditemui Sekratris Daerah (Sekdaprov) Riau yang juga Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UR ini tampak hadir didampingi Asisten II Sekdaprov Riau, Masperi. (Genta/dr)

Tulis Komentar