Tingkatkan PAD, Bapenda Pekanbaru Gandeng KPK

Ahad, 11 Februari 2018 | 20:19:42 WIB
Tingkatkan PAD, Bapenda Pekanbaru Gandeng KPKi Foto:

GENTAONLINE.COM-Plt Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru, M Jamil mengatakan, bahwa pihaknya akan menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) sektor retribusi dan pajak daerah.

Kebijakan ini diambil setelah belajar dari keberhasilan Pemprov DKI Jakarta yang belerjasama dengan KPK untuk meningkatkan PAD mereka dari Rp35 triliun menjadi Rp36,1 triliun. Maka Pemerintah Kota Pekanbaru berpikir cara tersebut juga bisa diterapkan di Kota Pekanbaru.

"Terobosan tersebut dilakukan setelah melihat keberhasilan Pemprov DKI Jakarta yang bekerjasama dengan KPK. Ini perlu kita adopsi dan diberlakukan di Kota Pekanbaru. Ditambah lagi, fokusnya KPK tahun ini pada pendapatan daerah dan belanja daerah," ujar M Jamil beberapa waktu lalu.

Menurut M Jamil, saat ini Bapenda Pekanbaru terus berupaya untuk mencapai target PAD yang telah ditetapkan yakni Rp799 miliar. Untuk itu kepada seluruh Wajib Pajak (WP), diminta untuk jujur dan taat dalam membayarkan kewajibannya. "Jika terjadi kecurangan atau penyelewengan pajak, maka kami akan melaporkannya ke pihak kejaksaan ataupun KPK nantinya," tegasnya.

Disampaikannya pula, bahwa saat ini Bapenda Pekanbaru telah menjalin MoU dengan pihak kejaksaan. "Disini bukan hanya wajib pajak saja yang menjadi target, tapi petugas pajak juga dalam pengawasan ketat," pungkas Jamil menutup. (Genta/dr)

Tulis Komentar